ADHA Bukan Kutukan, Bantu Mereka Hidup Wajar

0
Kehidupan Anak Dengan HIV/AIDS atau yang disingkat ADHA selama ini masih memprihatinkan. Selain mendapatkan stigma buruk banyak yang kehilangan hak untuk mendapat pendidikan.

Sitti Soendari: Perempuan Berpena Tajam dan Orator Sejati

0
Pramoedya Ananta Toer dalam Rumah Kaca menggambarkan sosoknya, “Nampaknya yang hidup dalam otaknya adalah nasionalisme yang panas membakar dan dapat menggerakkan beratus, beribu manusia, lelaki dan perempuan.”

SK Trimurti Pejuang Perempuan Indonesia

0
Saat menjabat Menteri Perburuhan, perhatiannya terhadap perempuan sangat besar. Dialah yang pertama kali menerbitkan ketentuan cuti haid bagi buruh perempuan.

Nawal El Saadawi ‘de Beauvoir’ dari Dunia Arab

0
"Kekuatan kapitalis kolonial terutama berbahasa Inggris atau Perancis .... Saya masih diabaikan oleh kekuatan sastra besar di dunia, karena saya menulis...

Memaafkan dan Rayakan Kemenangan

0
Memaafkan memang tidak bisa mengubah apa yang sudah terjadi di masa lalu, tapi akan melapangkan jalan kita di masa depan.

Ida I Dewa Agung Istri Kanya: Ratu Perawan Klungkung

0
Nama-nama perempuan seringkali dilupakan dalam sejarah terkait dengan budaya patrilinial yang mendarah daging di Bali

KPPPA Serahkan Bantuan Spesifik Perempuan dan Anak

0
Jakarta (17/05) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyerahkan bantuan untuk pemenuhan kebutuhan spesifik bagi kelompok rentan khususnya perempuan...

Negara Harus Melindungi Perempuan Di Tengah Pandemi

0
Pada aspek gender, perempuan ternyata lebih rentan. Sebab, ada kenyataan sosial yang melingkari kaum perempuan, yakni konstruksi patriarki.

Nyimas Gamparan: Gigih Menolak Sistem Tanam Paksa

0
Nyimas Gamparan dikenal dalam perang Cikande Udik. Ia memimpin 30 milisi perempuan melawan Belanda sejak 1829 hingga era 1830-an. Nyimas Gamparan menolak Cultuurstelsel yang diterapkan Belanda kepada penduduk pribumi.

Melawan Rape Culture: Pemakluman Perkosaan dalam Masyarakat

0
Evelyn Reed dalam bukunya yang berjudul Mitos Inferioritas Perempuan menyebutkan bahwa ketidakadilan seksual telah terjadi semenjak beribu-ribu tahun yang lalu. Kontruksi ini...

Terbaru

Pernyataan Sikap