“Kartini merupakan salah satu pelopor gerakan kaum perempuan di Indonesia.
Peringatan Hari Kartini setiap tahunnya jangan hanya sebagai seremonial belaka tetapi API semangat Kartini harus dinyalakan.”

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Diena Mondong, Ketua Umum API Kartini dalam acara Nonton dan Diskusi Bareng yang diselenggarakan oleh API Kartini bertempat di Studio Sang Akar, Sabtu, 21 April 2018.

Sebelum diskusi dimulai, panitia memutar sebuah film animasi pendek berdurasi 8 menit yang berjudul The Impossible Dream. Film animasi tersebut menggambarkan tentang ketidakadilan gender yang terjadi setiap hari di sekitar kita, dimana laki-laki dinomorsatukan sedangkan perempuan dinomorduakan.

Adapun tema yang diangkat dalam diskusi kali ini adalah “Gerakan Perempuan dan Semangat Kartini Hari Ini”, yang dikupas oleh tiga Narasumber, yaitu: Nuraini Hilir (politisi PDI Perjuangan), Diena Mondong (Ketua Umum API Kartini), Ruth Indiah Rahayu (penulis, peneliti dan aktivis perempuan).

“API Semangat Kartini inilah yang kemudian harus menjadi dorongan gerakan perempuan hari ini untuk memenangkan gagasan Emansipasi Kartini, memperjuangkan hak-hak perempuan dalam lapangan politik, ekonomi dan sosial,” tegas Diena.

Menurut Diena, dalam lapangan politik gerakan perempuan haruslah mampu mendorong perempuan aktif berpartisipasi dalam bidang politik dan tentunya juga harus mampu mendorong pemerintah untuk membuat kebijakan yang mengakomodir kepentingan-kepentingan perempuan.

Kemudian, dalam bidang ekonomi gerakan perempuan harus mampu menciptakan sebuah wadah dalam peningkatan kemandirian ekonomi perempuan.

Sedangkan dalam bidang sosial gerakan perempuan harus mampu mendobrak sistem-sistem yang mensubordinasikan perempuan.

“Dengan demikian, maka Kartini dalam tidur panjangnya bisa tersenyum karena perjuangannya tetap dilanjutkan oleh gerakan perempuan masa kini,” katanya mengakhiri.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here