Puluhan perempuan di Kabupaten Lombok Timur melaksanakan Konferensi Kota/Kabupaten Aksi Perempuan Indonesia (API) Kartini, Sabtu (14/04/2018).

Dalam Konferensi Kabupaten tersebut, peserta membahas dan memetakan situasi daerah serta situasi objektif dan subjektif kaum perempuan yang ada di Kabupaten Lombok Timur. Setelah itu, peserta konferensi  merumuskan program kerja ke depan.

Salah satu prioritas program kerja yang akan dijalankan struktur kota API Kartini Lombok Timur adalah mendirikan koperasi untuk perempuan.

Dalam Konferensi Kabupaten ini juga menetapakan pengurus baru API Kartini di Kabupaten Lombok Timur, yaitu Yustiana sebagai ketua Kabupaten API Kartini Lombok Timur dan Baiq Hayatul Safitri sebagai sekretaris.

Menurut Yustiana, dalam perjuangan API Kartini Lombok Timur ke depan, selain fokus pada kemandirian ekonomi kaum perempuan, juga fokus pada kerja-kerja advokasi untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi kaum perempuan di Lombok Timur.

“Sesuai amanat Konferensi Kabupaten Lombok Timur, saya dan struktur terpilih lainnya berkomitmen menjalankan progran yang telah ditetapkan, baik dibidang ekonomi, budaya, maupun politik, “ Katanya.

Di tempat yang sama, peserta konferensi Nanik Herlina mengungkapkan harapannya bahwa Konferensi Kabupaten yang dilakukan dapat memberikan semangat bagi kaum muda khususnya kaum perempuan untuk terlibat dalam organisasi dan melakukan perubahan atas nasib kaum perempuan.

“Melihat begitu banyak persoalan perempuan yang ada di Kabupaten Lombok Timur, KDRT, kekerasan terhadap buruh migran, pengangguran, serta ketimpangan upah antara laki-laki dan perempuan, saya berharap kaum perempuan di Lombok Timur bersatu supaya apa yang menjadi persoalan kaum perempuan di Lombok Timur dapat segera diatasi dan tertangani,” katanya.

Selain membahas situasi daerah dan program perjuangan, Konferensi Kabupaten juga membahas strategi dan taktik.***

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here