Duka mendalam mengiringi kepergian Bacharuddin Jusuf Habibie yang telah meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto akibat penyakit yang dideritanya, Rabu (11/9/2019) .

Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 ini telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019. Untuk mengenang Presiden RI yang ketiga ini, API Kartini mencoba mencatat kembali pernyataannya dalam mensikapi Tragedi Mei 1998 dan komitmennya membentuk Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan).

Monumen peringatan korban Tragedi Mei 1998 di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur

Presiden Republik Indonesia

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabaraktuh

Pernyataan Presiden Republik Indonesia

Setelah Saya mendengar laporan dari ibu0ibu tokoh Masyarakat Anti Kekerasan terhadap Perempuan, dengan bukti-bukti yang nyata dan otentik, mengenai kekerasan terhadap perempuan dalam bentuk apapun di bumi Indonesia pada umumnya dan khususnya yang terjadi pada pertengahan bulan Mei 1998, menyatakan penyesalan yang mendalam terhadap terjadinya kekerasan tersebut yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia.

Untuk hal itu, Saya menyatakan bahwa pemerintah akan proaktif memberikan perlindungan dan keamanan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menghindari terulangnya kembali kejadian yang sangat tidak manusiawi tersebut dalam sejarah bangsa Indonesia.

Saya harapkan kerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan melaporkan segera kepada aparat pemerintah jikalu melihat adanya kecenderungan ke arah kekerasan terhadap perempuan dalam bentuk apapun juga dan dimana pun juga.

Oleh karena itu, Saya, atas nama pemerintah dan seluruh bangsa Indonesia, mengutuk berbagai aksi kekerasan pada peristiwa kerusuhan di berbagai tempat secara bersamaan, termasuk kekerasan terhadap perempuan.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Jakarta, 15 Juli 1998

Ttd

B.J. Habibie

*Sumber Bahan: Kita Bersikap, Empat Dasawarsa Kekerasan terhadap Perempuan dalam Perjalanan Berbangsa yang diterbitkan oleh Komnas Perempuan 2009.


Category: Berita , Headline

Tag: ,