Abi Yerusa Sobeukum, S.IP, Caleg DPRD Kabupaten Kupang Dapil 3 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berpeluang mendapatkan kursi keempat dalam Pileg 2019. Perempuan kelahiran Oh’aem, 23 April 1991 ini berhasil meraih 637 suara, mengalahkan rival separtainya Anderias Naisunis yang mendulang 595 suara.

Informasi ini diperoleh berdasarkan hasil pleno tingkat kabupaten yang sedang berlangsung di Kabupaten Kupang. Dari total 6 kecamatan di Dapil 3, tersisa 1 kecamatan yang belum diplenokan. Meski demikian, Ira yakin tetap meraih suara terbanyak berdasarkan rekapan pribadi di kecamatan terakhir.

“Kecamatan terakhir berpeluang menambah suara. Walaupun hanya 12 suara versi rekapan pribadi salam hasil pleno kecamatan. Itu tidak mengubah signifikan posisi suara,” kata mantan Ketua SEMA FISIP UNWIRA Kupang dan Ketua API Kartini NTT ini.

Ira Sobeukum saat memimpin sidang di Kongres I API Kartini 2018.

Abi Yerusa Sobeukum, S, IP atau yang sering dipanggil Ira Sobeukum adalah seorang mantan Pendamping Lokal Desa (PLD) Kabupaten Kupang. Sebelumnya, pada Pemilihan Umum Serentak 2019 lalu Ira mendapatkan kesempatan mencalonkan diri sebagai Caleg DPRD Nomor Urut 3 di Dapil 3 Kabupaten Kupang, meliputi daerah Amfoang Raya yaitu Amfoang Selatan, Amfoang Tengah, Amfoang Timur, Amfoang Utara, Amfoang Barat Laut, dan Amfoang Barat Daya melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Selain menjadi PLD, Pejuang Perempuan Muda asal Amfoang bernama lengkap ABI YERUSA SOBEUKUM, S.IP ini juga telah banyak berjuang di jalanan memperjuangkan hak-hak masyarakat miskin dan termarginal dalam wadah perjuangan API Kartini dan LMND Kupang. Dalam Pileg 2019 kali ini Ira Sobeukum mengusung motto, “Teruji Melayani Rakyat”.

Berdasarkan Pantauan API Kartini melalui situs pemilu2019.kpu.go.id, Selasa (14/5/2019) pukul 0.18 WIB, peraih suara terbanyak di Dapil 3 Kabupaten Kupang dimenangkan oleh PDIP dengan perolehan suara 2.683. Posisi kedua diraih Golkar dengan perolehan suara 2.292. Posisi ketiga diraih oleh Nasdem dengan perolehan suara 2.246 dan posisi keempat baru diraih oleh PKB dengan perolehan suara 2.180. Hingga pukul 00.24 WIB, total suara masuk untuk Dapil 3 Kabupaten Kupang adalah 91,5%. (*)

Sumber Berita: https://voxntt.com/2019/05/05/ira-sobeukum-berpeluang-lolos-dprd-kabupaten-kupang


Category: Berita , Headline

Tag: , , ,