“Kini saatnya bagi kita, memajukan pemahaman dan kesadaran kaum perempuan seluruh Indonesia untuk terlibat aktif dalam memperjuangkan hak – hak ekonomi, sosial – budaya, dan politik mereka di kancah perjuangan yang lebih luas,” kata Luswita Somnaikubun, Ketua API Kartini Kota Minahasa terpilih dalam acara pendidikan politik API Kartini Kota Minahasa, Sulawesi Utara.

Acara yang bertempat di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Manado pada tanggal 24 – 26 Agustus 2018 tersebut juga menghasilkan pembangunan struktur API Kartini Kota Minahasa periode 2018-2021.

Luswita menegaskan bahwa keterlibatan aktif kaum perempuan dalam ruang penyadaran dan pencerahan secara massif ini sangat penting agar mereka tak masuk terlalu dalam ke jurang budaya konsumtif dan konservatif.

“Selain itu, agar publik semakin berpihak pada kepentingan kaum perempuan yang termarginalkan dan dimiskinkan oleh struktur dan sistem sosial masyarakat, ” lanjut Luswita.

Menurutnya, situasi ekonomi memburuk, ditambah minimnya partisipasi perempuan dalam dunia politik, sosial, budaya dan ekonomi. Angka kekerasan terhadap perempuan di Indonesia juga cenderung tinggi, seperti yang tertera di Catatan Tahunan (Catahu 2017) Komnas Perempuan mencatat jumlah kasus kekerasan mencapai 259.150 kasus.

“Berbagai latar belakang tersebut mengharuskan Aksi Perempuan Indonesia (API) Kartini Sulawesi Utara berada dalam garis perjuangan menciptakan pendidikan yang memanusiakan manusia, menjunjung tinggi nilai-nilai kesetaraan dalam bingkai berbangsa dan bernegara yang adil dan makmur dengan melaksanakan pendidikan politik perempuan yang bertujuan membangun ruang – ruang penyadaran terhadap perempuan betapa pentingnya partisipasi kaum perempuan di bidang politik, sosial, budaya dan ekonomi,” tegasnya.

Dalam melaksanakan program – program politik dan Ideologi Api Kartini telah selesai melakukan pendidikan politik perempuan dan pembentukan struktur Api Kartini Kabupaten Minahasa di Sulawesi Utara yang bertempat di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Manado pada tanggal 24 – 26 Agustus 2018. Adapun struktur organisasi API Kartini Kota Minahasa periode 2018-2021 adalah sebagai berikut :

Ketua : Luswita Somnaikubun

Sekretaris : Nelsy Tobeoto

Bendahara : Wara Theofilia Gespers

Departeman Kaderisasi : Delila Somnaikubun

Departemen Advokasi : Jane Silubun

Departemen Kajian dan Bacaan : Nadya Magdalena Losung. (*)

 


Category: Berita , Headline